Bertaqwa, Berpengetahuan, Berkarakter dan Berbudaya Lingkungan SMP Negeri 2 Bungkal Ponorogo



                                            

YUK ESNEDA RAIH ADIWIYATA PROPINSI

Adiwiyata, secara internasional disebut pula dengan Green School adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Kata ADIWIYATA berasal dari 2 kata Sansekerta “Adi” dan “Wiyata”. Adi mempunyai makna : besar, agung, baik, ideal atau sempurna, Wiyata mempunyai makna tempat dimana seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial. Adiwiyata dapat diartikan sebagai tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan .

 Adiwiyata sebagai Pendidikan Lingkungan Hidup

 Lingkungan yang bersih dan sehat tentunya menjadi dambaan institusi pendidikan kapanpun dan dimanapun.Lingkungan  sekolah yang bersih dan sehat juga mencerminkan keberadaan warga sekolah yang ada mulai dari siswa , guru,  staf, karyawan, unsur pimpinan sekolah bahkan sampai orang tua siswa.  Sangatlah tepat , himbaun yang mengatakan bahwa tanggung jawab penciptaan lingkungan yang bersih dan sehat merupakan kewajiban dan tangggungjawab bersama.

 Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) merupakan upaya untuk mengubah perilaku dan sikap yang dilakukan oleh berbagai pihak atau elemen masyarakat  yang bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran masyarakat tentang nilai-nilai lingkungan dan isu permasalahan lingkungan. Semua itu pada akhirnya dapat menggerakkan masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pelestarian dan keselamatan lingkungan generasi sekarang dan yang akan datang.

 Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) secara khusus memiliki 5 tujuan:

Pertama, Kesadaran. Ini untuk membantu peserta didik memperoleh sebuah kesadaran dan kepekaan terhadap lingkungan dan berbagai permasalahannya, membangun kemampuan untuk merasakan dan membedakan diantara stimulus, mengulah, menyaring dan memperluas pandangan-pandangan dan menggunakan dalam berbagai konteks.

Kedua, Pengetahuan. Dimaksudkan membantu peserta didik untuk memperoleh sebuah pengertian mendasar tentang bagaimana fungsi lingkungan , bagaimana orang berinteraksi dengan lingkungan, dan bagimana timbulnya isu-isu dan masalah berkaitan dengan lingkungan dan bagaimana cara penyelesainnya.

Ketiga, Sikap. Ini untuk membantu peserta didik memperoleh seperangkat nilai dan perasaan-perasaan kepedulaian, motivasi dan komitmen terhadap lingkungan.

Keempat, Keterampilan. Membantu peserta didik memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk mengidentifikasi dan menyelidiki permasalahan lingkungan dan berkontribusi untuk pemecahan masalah tersebut.

Kelima,   Dimaksudkan  untuk membantu peserta didik memperoleh pengalaman dalam menggunakan pengetahuan yang mereka peroleh dan keterrampilan dalam pengambilan keputusan, tindakan-tindakan positif yang mengarah pada pemecahan isu-isu dan permasalah lingkungan.

Pendidikan Lingkungan Hidup PLH) dan peranannya dalam membentuk manusia yang memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan adalah suatu keniscayaan, Dalam pengertian  Pendidikan Lingkungan Hidup PLH)  terdapat unsur pendidikan. Sementara  pendidikan memiliki pengertian suatu proses yang dapat mengubah perilaku seseorang untuk lebih bersikap dan memiliki tata laku dan berakhlak dan cerdas melalui upaya pengajaran dan latihan. Dalam konteks ini, memiliki sikap dan tata laku yang berakhlak dan cerdas dalam memanfaatkan dan mengelola lingkungan.

Untuk ikut serta peduli dan memiliki budaya lingkungan SMP Negeri 2 Bungkal juga berupaya untuk mewujudkan Sekolah Adiwiyata. Di awali dengan membangun budaya positif di sekolah dengan mengajak seluruh warga sekolah peduli terhadap lingkungan pada tahun 2016 SMP Negeri 2 Bungkal telah meraih Adiwiyata Tingkat Kabupaten Ponorogo. Dengan berbekal prestasi ini sekolah berusaha untuk tetap menjaga existensi dan istiqomah untuk mewujudkan budaya lingkungan sehingga tidak serta merta sekolah hanya beruforia saat meraih penghargaan tersebut, namun PR terberat adalah selalu konsisten untuk peduli lingkungan dan benar benar warga sekolah memiliki jiwa yang berbudaya lingkungan dan tidak hanya berwawasan lingkungan. Dengan komitmen bersama dan dukungan dari Dinas pendidikan dan Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Ponorogo, SMP Negeri 2 Bungkal berkomitemn untuk berprestasi untuk meraih penghargaan Adiwiyata Tingkat Propinsi, semoga harapan dan cita-cita mulai ini bisa terwujud dengan kerja keras dan komitmen seluruh warga sekolah. Semoga Allah SWT meridhoi.

SALAM BUMI PASTI LESTARI, ADIWIYATA PASTI BISA,  PONOROGO HEBAT SMP NEGERI 2 BUNGKAL JAYA DAN PASTI BISA.

Untuk Persiapan Adiwiyata Propinsi Bisa di Lihat di :

Chanel Youtube : https://youtu.be/govuul5keFg


PENGHARGAAN SEKOLAH ADIWIYATA KABUPATEN



Tidak ada komentar: