Bertaqwa, Berpengetahuan, Berkarakter dan Berbudaya Lingkungan SMP Negeri 2 Bungkal Ponorogo : MASIH ADA PRESTASI DI MASA PENDEMI

MASIH ADA PRESTASI DI MASA PENDEMI

 

BUNGKAL- Luar biasa, Esneda Pasti Biasa. Tidaklah berlebihan jika luapan hati ini muncul bangga yang luar biasa,  bagaimana tidak, pada hari Jumat, 19 November 2020 mendapat berita resmi hasil lomba KSN (Kompetensi Sains Nasional) IPA, Vinka Chesya Lovevia salah satu siswa SMP Negeri 2 Bungkal telah menorehkan sebuah prestasi yang membanggakan di tengah pandemi global Covid-19. Prestasi peringkat ke-12 lomba KSN (Komptensi Sains Nasional) IPA  Kabupaten Ponorogo.

Prestasi di tengah pandemi ini,”Kita patut berbangga ana-anak kita tidak kehilangan ori
entasi untuk berprestasi dalam masa pandemi ini,”ujar Anik Setyaningsih, S,Pd. salah satu guru pembimbing sains yang ada di SMP Negeri 2 Bungkal.

Impian untuk mendulang prestasi seting-tingginya yang telah tertanam di benak anak kita. Vinka Chesya Lovevia membawa aura semangat yang sangat tinggi. Alhasil, dalam lomba KSN Sains IPA tersebut telah berhasil mengungguli peserta dari sekolah-sekolah yang notabene cukup besar dan banyak prestasi yang ada di Kabupaten Ponorogo.

Lebih lanjut ia menjelaskan, lomba KSN Sains Tingkat Kabupaten Ponorogo kali ini diikuti oleh seluruh perwakilan sekolah-sekolah tingkat SMP/MTs se-Kabaupaten Ponorogo. Persaingan antarsekolah menurutnya sangat ketat. Vinka Chesya Lovevia untuk pertama kalinya di tahu  ini mampu mencapai ranking 12 besar Kabupaten Ponorogo. Hal ini bukan hanya sekedar kita mampu beradaptasi karena pandemi, tetapi kita mampu melampuinya lebih baik dan anak-anak kita mampu membuktikannya.

Masih kata Anik Setyaningsih, S.Pd.,”Hal ini juga berkat kerjasama dan gotong-royong yang baik dari semua pihak untuk melakukan pembinaan secara konsisten antara sekolah, guru, dan orang tua.” Semoga ini menjadi kabar baik dan inspirasi agar kita lebih bisa optimistis mampu melampau ujian berat pandemi ini, tetap produktif, dan berprestasi,” harapnya.

Untuk itulah, mari kita bersama-sama memberikan apresiasi kepada anak-anak kita bahwa, semua anak memliki potensi bakat dan prestasi di semua lini kemampuan dan kecerdasan. Setiap anak memliki keistimewaannya sendiri, bukan hanya hebat atau pandai sains, tetapi juga memiliki talenta dan kemampuan di bidang yang lain seperti di bidang bahasa, seni, budaya, olahraga, dan masih banyak hal lainnya yang benar-benar tidak pernah sebelumnya dibayangkan karena adanya pengaruh kemajuan teknologi informasi sekarang,” jalasnya.

Ia kembali menegaskan,”Kita juga selayaknya memandang prestasi anak-anak kita tidak hanya dari sudut pandang sempit, tetapi hendaknya dari pandangan yang luas dan penuh bijak dan menyikapinya.”

Budijono, S.Pd. MM.Pd, Kepala SMP Negeri 2 Bungkal menambahkan,”Lebih dalam lagi, prestasi itu adalah puncak pencapaian aktualisasi diri anak untuk belajar memainkan peran kebermanfaatan baik bagi diri sendiri, keluarga, dan lingkungannya, bangsa dan negara.” Tugas orang tua, pemerintah, dan masyarakat adalah memfasilitasi atau mengasuh agar anak menyadari potensinya, mengasahnya, mengorbitkannya, dan menjadikan bekal hidupnya yang bermanfaat,” menutup pembicaraan.(sn)



Tidak ada komentar: